RESEP BUNTUT GORENG KHAS JAWA TENGAH

Lagi jalan jalan di luar kota tepatnya di kota Pekalogan, Jawa Tengah. Saya bersama temen temen bingung untuk mencari makan siang. Ya maklum sebab kami berdua bukan orang Pekalongan, dan ini adalah kali pertama saya di pekalongan. Oleh karena itu, saat bertanya sama karyawan hotel, kita pun bertanya tentang kira-kira makanan apa yang enak di Pekalongan, dan akhirnya disarankan sop buntut pekolangan yang sudah terkenal. Biasanya banyak tamu luar kota yang mampir disana untuk menyantap sop buntut. Menu favoritnya nya ada sop buntut kuah dan sop buntut goreng. Ternyata saran ini sangat jitu, saya dan temen temen sangat suka dengan sop buntut di restoran tersebut.

Sepulang jalan jalan, sampai dirumah saya pun mulai mencari tahu resep sop buntut goreng yang enak, dan mulai bereksperimen. Dari berbagai kumpulan resep sop buntut yang saya coba dan praktekan, resep berikut inilah yang merupakan resep sop buntut goreng yang paling saya sukai. Berikut ini resep dan cara buatnya.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sop buntut goreng:

1. ½ sendok teh merica bubuk

2. 1 buah bawang bombai (iris)1 liter air (untuk merebus)1 kilogram buntut sapi (cuci bersih)

3. 1 biji pala (memarkan)

4. 2 sendok teh garam

5. 2 batang daun bawang

6. 2 buah kentang (potong dadu)

7. 2 batang wortel (potong tipis)

8. 2 buah tomat (potong tipis)

9. Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tepung bumbu sop buntut goreng:

1. ½ sendok teh merica

2. ½ sendok teh garam

3. 1 sendok teh bubuk bawang (garlic powder)

4. 2 sendok teh ketumbar bubuk

5. 3 sendok makan tepung maizena

6. 4 sendok makan tepung terigu

Pelengkap: Bawang goreng, irisan daun seledri, emping goreng, sambal

Potong buntut sapi setebal 1-2 cm, kemudian rebus dengan air hingga matang.Masukkan biji pala, tunggu sampai daging lunak, lalu masukkan daun bawang, aduk hingga merata, lalu angkat buntut sapi dan pisahkan dari kuahnya.Panaskan minyak, kemudian tumis bawang bombai hingga harum lalu masukkan ke dalam kuah kaldu, tambahkan garam dan merica, lalu didihkan kembali.Masukkan kentang, wortel, dan tomat, lalu masak hingga sayuran empuk.Panaskan minyak, lumuri buntut dengan tepung bumbu yang telah disiapkan hingga rata dan goreng buntut hingga berwarna kecokelatan.Tuangkan kuah sop pada mangkuk, taburi dengan bawang goreng serta irisan daun seledri.Sajikan buntut goreng dengan nasi putih, kecap manis, emping goreng, dan sambal.

Selamat mencoba dan menikmati ..


0 comments