Cara Membuat Roti Canai Dengan Kari Spesial

Cara Membuat Roti Canai Dengan Kari Spesial– Untuk membuat roti canai yang sering disebut roti prata (paratha) atau roti maryam ini memang gampang-gampang susah. Di bilang gampang karena bahan yang digunakan sangat sedikit alias irit dan semuanya hanya diaduk saja. Namun susah karena hasilnya seringkali tidak sesuai dengan harapan. Saya sempat berkali-kali mencobanya dan selalu berakhir dengan hasil yang mengecewakan.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat roti paratha adalah tepung terigu, telur, air, minyak dan garam. Namun jika mau lebih enak bisa ditambahkan bahan penunjang rasa lainnya seperti susu kental manis dan keju. Sekarang tugas kita adalah bagaimana cara membuat roti maryam yang lentur, elastis, lemas dan mudah saat digilas, ditipiskan, dilebarkan sampai selebar dan setipis mungkin. Untuk itu semua maka perlu beberapa tips untuk membuatnya.




Roti Canai Kuah Kari Kambing

Cara membuat roti canai khas India sebenarnya sama seperti akan membuat kulit martabak telur. Jadi bisa dibilang roti canai, roti prata atau roti maryam ini sebenarnya terbuat dari kulit martabak telur. Untuk membuat martabak telur, ketika adonan kulit telah ditipiskan dan diletakkan di wajan lebar, maka akan di beri kocokan telur, daging cincang serta daun bawang lalu dilipat dan digoreng sampai berwarna coklat kekuningan. Itulah step by step cara membuat martabak asin atau martabak telur ala abang-abang yang sering saya lihat.

Berbeda dengan langkah membuat roti canai ala India, roti ini dibuat dengan mempipihkan adonan, kemudian diputar sampai tipis, kemudian dilipat dan dipanggang dengan sedikit minyak. Atau bisa pula dengan menebarkan adonan setipis mungkin di atas wajan anti lengket / panggangan. Roti cane yang memiliki ciri khas berwarna kuning kecoklatan, dengan rasa asin gurih dan sedikit manis ini paling cocok dinikmati di pagi hari sebagai menu sarapan pengganti roti tawar.

Anda bisa menikmatinya dengan segelas susu, kopi atau teh hangat manis sesuai selera. Jika di negara Malaysia dan Singapura, roti canai yang di sebut dengan roti prata ini seringkali disajikan dengan kuah kari pedas mulai dari kare ayam, kambing, sapi dan teh tarik di Kedai Mamak.



Pada umumnya untuk roti canai klasik / original tanpa isian saat dimakan biasanya di beri taburan gula pasir atau gula halus donat. Bahkan ada pula yang mengkreasikannya dengan memberi topping susu kental manis coklat / putih, yang kemudian diberi parutan keju, meises atau nutella layaknya martabak manis / pizza canai.

Yah terlepas dari itu, apapun bentuknya roti yang memiliki julukan roti maryam ini selalu enak di nikmati di berbagai suasana. Bahkan kalau dibuat layaknya piscok lumer juga bisa loh. Cara membuatnya cukup mudah, yaitu adonan prata yang sebelum dibentuk di beri isian terlebih dahulu seperti DCC (Dark Cooking Chocolate) meises coklat dll.





Roti Canai Kosong Rasa Klasik Asin Gurih


Bahan-bahan Roti :
  • Tepung terigu 300 gram 
  • Telur ayam 1 butir 
  • Minyak goreng 50 mili liter 
  • Air hangat 150 mili liter 
  • Susu bubuk 1 sendok makan 
  • Gula halus 1 sendok teh (optional) 
  • Garam 1/2 sendok teh 
  • Margarin secukupnya 
  • Minyak goreng secukupnya (digunakan untuk merendam adonan) 

Cara Membuat Roti canai :

Pertama-tama masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk sampai rata. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan sampai kalis dan tidak lengket. 


Kalau ingin tidak cape bisa menggunakan mixer. Jangan lupa tambahkan minyak sayur ya kalau di uleni pakai mixer. 


Kalis seperti ini ya adonannya 


Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kalau saya kurang lebih 1 1/2 kali ukuran bola ping pong. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih lalu diamkan selama 1-2 jam. 


Setelah adonan direndam, pipihkan sampai benar-benar tipis (tapi jangan sampai robek ya), kemudian olesi dengan mentega sampai rata. 


Gulung adonan seperti pada gambar, lalu tarik agar adonan menjadi lebih panjang. 


Langkah berikutnya gulung adonan dengan arah yang berlawanan sampai berbentuk seperti huruf “S”. 


Lalu satukan atau tumpuk adonan seperti terlihat pada gambar. 


Pipihkan adonan sampai melebar, sambil ditarik-tarik karena adonan agak liat. Ulangi step by stepnya sampai bola-bola adonan habis. 


Langkah terakhir goreng roti di teflon tanpa minyak sampai berubah warna kecoklatan. Angkat! Kalau saya sih sukanya yang roti prata kosong yang setengah matang, biar ada tekstur renyah yang empuk. Tapi masing-masing saja ya, bisa disesuaikan dengan selera. 



Roti canai rumahan ala homemade yang murah dan enak siap disajikan selagi hangat bersama susu kental manis, selai, keju parut, es krim, kuah kari dll. Mantap! 


Jika tidak habis satu kali makan, maka roti dapat disimpan di dalam freezer lalu dipanaskan lagi diteflon dengan sedikit mentega. Oh iya pada saat baru diangkat dari penggorengan jangan lupa roti canenya di kemprok pakai tangan agar saat dihidangkan akan terlihat tidak kaku dan tampak lapisan rotinya seperti gambar. 



Di Indonesia roti canai yang populer dengan sebutan roti maryam ini biasanya dijual dalam kondisi beku dengan berbagai macam kreasi rasa. Dari roti maryam cokelat, roti maryam kacang, roti maryam coklat kacang, roti maryam keju ataupun roti maryam dengan rasa original asin gurih dengan sedikit manis.


Bahan Kuah Kari Resep Roti Cane :

  • Sediakan 2 sdm minyak makan.
  • Sediakan 1 bungkus bumbu kari siap pakai.
  • Sediakan 3 buah cengkeh.
  • Sediakan 3 helai daun kari (daun salam koja) atau di aceh namanya daun temurui.
  • Sediakan 2 batang serai memarkan.
  • Sediakan 3 lembar daun jeruk.
  • Sediakan 300 ml air.
  • Sediakan 200 ml santan.
  • Sediakan 1/2 sendok teh garam
  • Sediakan 300 gram daging kambing atau daging ayam.

Cara Membuat Kuah Kari Resep Roti Cane :

  1. Langkah pertama panaskan minyak, tumis bumbu kari kambing sampai harum.
  2. Kemudian tambahkan cengkih, kayumanis, daun salam koja, serai, dan daun jeruk. Masak hingga bumbu harum dan matang.
  3. Selanjutnya masukkan daging kambing, aduk sampai daging berubah warna.
  4. Jangan lupa tambahkan air, masak sampai daging empuk.
  5. Terakhir tambahkan santan dan garam, masak sampai matang.
  6. Sajikan roti cane dengan kari kambing. Nikmati selagi hangat.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri, semoga bermanfaat dan membantu membuat roti India dan Arab ini sendiri di rumah.

0 comments